Manfaat Tumbuhan Paku Untuk Kesehatan

manfaat tumbuhan paku
Tumbuhan Paku
Manfaat Tumbuhan Paku - Tumbuhan ini sering juga di kenal dengan sebutan tumbuhan pakis, ada banyak sekali jenis tumbuhan paku yang ada di dunia ini, namun hanya beberapa jenis yang dapat di makan, tumbuhan ini memiliki pembuluh sejati meskipun untuk reproduksi seksualnya tidaklah menghasilkan biji, akan tetapi tumbuhan ini memanfaatkan spora sebagai alat perbanyakan generatifnya, hal ini sama seperti halnya tumbuhan lumut dan juga tumbuhan fungi.


Tumbuhan Paku memiliki nama latin Pteridophyta, tumbuhan paku di kenal oleh masyarakat dengan nama pakis, yang biasanya di jadikan sayur oleh masyarakat. akan tetapi sudah seharusnya sebelum anda mengkomsumsi pakis, terlebih dahulu anda harus benar-benar tau jenis pakis yang bisa di komsumsi dan tidak bisa di komsumsi, karena jika salah memakan pakis yang tidak bisa di makan, bisa jadi anda akan mengalami keracunan.

Sekarang ada baiknya jika kita langsung saja melihat apa saja sih manfaat dari tumbuhan paku yang bisa berguna untuk kesehatan tubuh manusia, silahkan simak di bawah ini.

Manfaat Tumbuhan Paku Untuk Kesehatan

Serat (fiber)
Setengah cangkir sayur paku mengandung 7g serat makanan. Serat dalam tumbuhan paku sangat ideal memperlancar BAB dan mampu mengatasi sembelit.

Mencegah penyakit kardiovaskular
Tumbuhan paku mencakup lebih dari 30 % dari kebutuhan sehari-hari niacin . Niacin meningkatkan kolesterol HDL serta membantu dalam mengurangi kolesterol LDL untuk menghindari sumbatan arteri serta memperlancar sirkulasi darah.

Sumber  asam lemak omega 3
asam lemak omega 3 itu sendiri berfungsi untuk meningkatkan memori, meningkatkan kadar kolesterol  baik dan juga membantu dengan penurunan berat badan dan tumbuhan paku memiliki kandungan nutrisi tersebut.

Makanan antioksidan
Tumbuhan Paku telah terbukti memiliki sebanyak dua kali lebih besar mengandung anti-oksidan dibanding buah blueberry.  Jenis anti – oksidan yang terkandung dalam tumbuhan paku memiliki kapasitas untuk meningkatkan jumlah glutathione (anti - oksidan kuat) dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

Anti- inflamasi
Campuran efektif anti - oksidan dikombinasikan dengan Asam lemak omega 3 pada tumbuhan paku akan membantu tubuh mencegah peradangan. Kedua keunggulan ini juga bermanfaat untuk menghindari mekanisme pertahanan tubuh kita, menyerang sel-sel kita sendiri, seperti seseorang dengan penyakit autoimun.

Kaya Vitamin A
Vitamin A penting untuk kesehatan mata, ginjal, kandung kemih. Vitamin A juga membantu memerangi infeksi bakteri tubuh manusia. Karena tumbuhan paku ini berlimpah dengan vitamin A, Anda mungkin dapat memanfaatkan semua keuntungan dari Vitamin A dengan mengkonsumsinya.

Sumber Macronutrients
Manfaat tumbuhan paku juga mengandung nutrisi protein serta karbohidrat . 100 g pakis mentah  didalamnya terdapat 5,54 g karbohidrat serta 4,55 g protein . Sehari-hari orang dewasa harus memiliki kebutuhan minimal 40 % dari karbohidrat serta 46 gram protein. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi 100 g pakis akan menyediakan 10 % dari kebutuhan protein sehari-hari.


Semoga dengan hadirnya artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman tentang tumbuhan yang banyak tumbuh di semak ini, jika anda mempunyai pertanyaan seputar tumbuhan paku, maka silahkan saja anda tinggalkan di komentar di bawah ini ya, jangan lupa untuk membaca artikel dari blog kesehatan yang sebelumnya yakni manfaat kubis.
Title : Manfaat Tumbuhan Paku Untuk Kesehatan
Description : Tumbuhan Paku Manfaat Tumbuhan Paku - Tumbuhan ini sering juga di kenal dengan sebutan tumbuhan pakis, ada banyak sekali jenis tumbuhan...